berita
Prof Erfan: Jumlah Ayat Al-Quran Bukan 6.666 ayat!

Prof Erfan: Jumlah Ayat Al-Quran Bukan 6.666 ayat!

Seiring mudahnya orang saling berbagi informasi melalui media maya, saat ini mungkin banyak yang meyakini bahwa jumlah ayat Al-Quran adalah sejumlah 6.666 ayat. Namun menurut ketua MUI Kota Semarang, Prof. Dr. KH. Muh. Erfan Soebahar, M.Ag pendapat tersebut tidak benar.

“Jumlah ayat Al-Qur’an yang benar adalah 6236 ayat, bukan 6.666 ayat seperti yang beredar ,” jelasnya di hadapan peserta silaturahim safari Ulama Umara MUI Kota Semarang di masjid Taqwa, Sekayu, Semarang, Jumat, 30/4.

Dari sisi material pada periode awal turunnya Al-Qur’an, 1 juz saja dari Al Qur’an jika tulisannya dikumpulkan materialnya sangat banyak. “Satu juz bisa 1 meja, karena ditulis di kulit, tulang, pelepah kurma, dan lempeng-lempeng,” sambungnya.

Bentuk tulisannya saat itu juga tidak sebagus dan sedetail sekarang, menurut profesor bidang ilmu hadits ini tulisan Al-Qur’an saat itu sangat sederhana, jenis huruf arabnya menggunakan jenis mirip khat kufi yang tidak ada titik dan harakat nya.

Al-Quran baru ditulis dalam kertas setelah Rasulullah wafat. “Era qur’an ditulis dalam kertas adalah akhir kekhalifahan Umar bin Khattab dan awal kekhalifahan Utsman bin Affan,” sambung prof Erfan. Khalifah Utsman yang disebutnya kaya saat itu mendatangkan langsung kertas-kertas dari cina.

Selain berbicara tentang Al Qur’an, dalam kesempatan tersebut Prrof Erfan juga berpesan agar senantiasa menjadi muslim sejati sebagaiman dalam Hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Amr bin ash.

“Bahwa Rasul dawuh, yang dinamakan muslim sejati yaitu siapa saja orang yang darinya menjadikan orang (muslim) lain bisa terselamatkan dari apa yang terucap lewat lisannya, dan dari apa yang keluar dari aktivitas tangannya,” tegasnya.

1 thought on “Prof Erfan: Jumlah Ayat Al-Quran Bukan 6.666 ayat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *